detikcom
Senin, 19 Juni 2017 16:02 WIB
Mudik Bareng BRI

Tinjau Tol Fungsional Waru-Krian, Kapolda Jatim: Belum Layak Ditarif

roi - detikNews
image jalur mudik
bdh - Sidoarjo - Kapolda Jatim Irjen Pol Machfud Arifin bersama Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf dan Kasdam V Brawijaya Brigjen TNI Widodo, melakukan peninjauan di tol fungsional Waru-Krian. Usai meninjau, kapolda menilai belum layak jalur tol untuk mudik lebaran 2017 itu dikenakan tarif.

"Jangan ditarif dulu. Kondisi jalannya masih belum layak," kata Irjen Pol Machfud Arifin saat berada di rest area bersama rombongan, Senin (19/6/2017).

Wakil Gubernur Jatim Saifullah Yusuf yanng berada disamping kapolda, mencari pejabat Jasa Marga, dan hendak menanyakan kemungkinan tidak dikenakan tarif bagi tol fungsional di Waru. Tidak ada pejabat yang hadir menjelaskannya itu.

Kemudian wagub mendapatkan informasi dari pejabat Dinas Perhubungan Provinsi Jatim bahwa, Gubernur Jawa Timur Soekarwo sudah menandatangani surat keberatan pengenaan tarif tol ke pemerintah pusat. Surat yang meminta tol fungsional digratiskan itu, sudah ditandatangani pada kemarin malam dan hari ini dikirimkan ke Jakarta.

"Ketentuan ini (penetapan tarif) kan dari Jakarta. Pak Gubernur juga sudah berkirim surat. Mudah-mudahan suratnya segera ditanggapi dan tol fungsional untuk mudik lebaran ini gratis," jelasnya.

Kapolda Jatim Irjen Pol Machfud Arifin menambahkan, tol fungsional untuk arus mudik memang belum sepenuhnya rampung proyek pembangunannya. Polisi pun akan ditempatkan di jalur-jalur 'rawan' di tol fungsional.

"Nanti akan ditempatkan personel kepolisian di titik-titik tertentu," tandas kapolda.

(roi/bdh)