detikcom
Senin, 19 Juni 2017 17:21 WIB
Mudik Bareng BRI

Ini Rasanya Naik Kereta Bandara Kualanamu

bnl - detikTravel
image jalur mudik
aff - Medan - Saat berada di Bandara Kualanamu Medan, ada hal yang harus banget kamu coba yaitu naik kereta bandara. Selain cepat dan nyaman, dijamin anti macet!

detikatravel mendapat kesempatan untuk berkunjung ke Medan beberapa waktu lalu. Ingin jalan-jalan di Kota Medan, detikTravel mencoba trabsportasi pertama dan hanya ada saatu di Indonesia, Airport Rail Station atau kereta bandara.

Kereta bandara ini berada di depan pintu kedatangan penerbangan domestik. Bangunan yang megah dan keren akan terlihat persis di seberang pintu kedatangan.

Bangunan ini merupakan loket pembelian tiket kereta. Sedangkan stasiunnya berada di belakang gedung dan dilapisi dengan kaca.

 Ruang pembelian tiket (Bonauli/detikTravel) Ruang pembelian tiket (Bonauli/detikTravel) Foto: (Bonauli/detikTravel)
Pembelian tiket yang mudah baik langsung maupun online bisa dilakukan dari mana saja sesuai ketentuan yang berlaku. Untuk memudahkan serta mempercepat proses transaksi tunai maupun non-tunai, pihak kereta api menyediakan vending machine yang menerima pembayaran baik dengan kartu debet, kartu kredit, kartu prabayar (prepaid) atau melalui ticket counter.

Layaknya kereta api, kamu juga bisa membeli tiket pulang pergi langsung. Sehingga mempermudah kamu untuk melanjutkan perjalanan. Harga tiket paling mahal adalah Rp 100.000 untuk sekali perjalanan.

 Penumpang membeli tiket di loket (Bonauli/detikTravel) Penumpang membeli tiket di loket (Bonauli/detikTravel) Foto: (Bonauli/detikTravel)


Vending mechine untuk pembelian tiket dengan kartu (Bonauli/detikTravel)Vending mechine untuk pembelian tiket dengan kartu (Bonauli/detikTravel) Foto: (Bonauli/detikTravel)


Perbedaan lainnya terlihat jelas dari cara menunggu kereta. Kalau kereta api harus antri di batas garris kuning, sedangkan kereta bandara tidak.

Kamu harus menunggu kereta di ruang tunggu yang disediakan. Setelah ada pemberitahuan soal kedatangan kereta, penumpang akan berbaris di pintu masuk dan memasukkan tiket yang sudah diberikan ke dalam mesin.

Begitu kereta datang, kamu tidak bisa duduk di sembarang peron. Karena tiap orang sudah diberikan nomor bangku sewatu membeli tiket. Kamu bisa melihat nomer bangku di tiket yang diberikan atau di kertas bon pembayaran tiket.

 Ruang tunggu kereta bandara (Bonauli/detikTravel) Ruang tunggu kereta bandara (Bonauli/detikTravel) Foto: (Bonauli/detikTravel)
Layaknya damri, kamu bisa meletakkan bawaan kamu di tempat yang sudah di sediakan di dekat pintu masuk. Kamu bisa tenang meninggalkan barang bawaan dan duduk menikmati perjalanan.

Waktu tempuh kereta ini tergantung dari tujuan perjalanan. Yuk jalan-jalan dengan menggunakan transportasi umum, cepat dan nyaman.

 Saat kereta datang, penumpang baru diperbolehkan untuk masuk (Bonauli/detikTravel) Saat kereta datang, penumpang baru diperbolehkan untuk masuk (Bonauli/detikTravel) Foto: (Bonauli/detikTravel)


Suasana kereta yang elegan dan nyaman (Bonauli/detikTravel)Suasana kereta yang elegan dan nyaman (Bonauli/detikTravel) Foto: (Bonauli/detikTravel)


(bnl/aff)